Senin, 07 September 2015

[Cerbung] CUBICLE #6





Kisah sebelumnya : CUBICLE #5



* * *



Enam


Otakku boleh tetap waras, tapi fisikku tidak. Setelah marathon presentasi dan finishing empat iklan, aku pun tumbang. Masih ada satu job lagi yang harus kupresentasikan besok. Sudah siap. Dan aku yakin bakal diterima Pak Robert, klienku yang paling perfeksionis. Saking perfeksionisnya dia sampai mau ketika deadline-nya kuulur seminggu. Asal iklannya sempurna, waktu dan harga tidak jadi masalah.

Pagi ini kepalaku bukan main beratnya. Tenggorokanku terasa kering dan sakit. Badanku panas-dingin tak keruan. Kuputuskan untuk absen saja. Mendingan aku absen hari ini daripada besok mengecewakan Pak Robert. Maka aku pun menghubungi Boss Lenny.

“Halo, met pagi, Cik,” sapaku dengan suara serak.
           
“Ya? Ini elu, Sas?”
           
“Iya, Cik, mau minta ijin absen hari ini,” ucapku susah-payah.
           
“Elu sakit, Sas? Suara lu sampai serak gitu. Ya udah, lu istirahat aja di rumah, nggak usah ngantor.”
           
“Besok saya musti presentasi ke Pak Robert, Cik. Minta tolong tugasin satu orang untuk jadi back up saya. Maaf ya, Cik, jadi ngerepotin.”
           
“Iya, iya, entar gue suruh Gerdy buat back up-in elu. Entar gue bilangin dia dulu, lu kirim aja detilnya via email gue. Draft-nya kan udah ada di gue.”
           
“Iya, Cik, makasih banyak ya…”
           
“Lu ke dokter ya, Sas? Biar nggak makin parah sakit lu. Ada nggak, dokter dekat apartemen lu?”
           
“Ada klinik di bawah, Cik. Iya entar saya ke klinik. Makasih ya, Cik? Met pagi…”
           
“Oke, oke, Sas!”

* * *
           
Setelah tadi pagi ke klinik, minum obat, kirim email ke Boss Lenny, dan tidur seharian, sore ini aku sudah merasa sedikit segar dan demamku berkurang. Radang tenggorokan, kata dokter. Dan aku dapat surat sakit sehari.
           
Tengah aku leha-leha di sofa sambil nonton TV, bel pintuku berbunyi. Kulirik jam dinding, pukul 4. Ah, sepertinya Gerdy yang datang diutus Boss Lenny. Dengan penuh semangat aku membuka pintu. Seketika aku terbengong.

Lho! Driya???
           
“Hai!” sapanya sumringah.
           
Aku masih terbengong. Bisa ya, dia sampai ke sini?
           
“Yik, gue boleh masuk?”
           
“Eh…,” aku tergagap. “Iya, ayo masuk, Men!” kulebarkan pintu.
           
Driya masuk ke apartemenku. Dia langsung berdecak kagum. Padahal apartemenku sederhana saja, bukan apartemen lux yang harganya mencekik leher.
           
“Cantik gilaaa!” celetuknya. “Selera lu gila, Yik! Apartemen lu nyaman bangeeet!!”

Aku garuk-garuk kepala. Ini orang mau nengokin orang sakit apa mau beli apartemen sih?
           
“Jam segini udah nyampai sini, lu gak ngantor?” tanyaku.
           
“Eh,” dia nyengir. “Gue kan Boss. Lagian Yussi bilang lu sakit, tadi ketemu di lift pas mau maksi. Gue ada proyek di sekitar sini. Jadi sekalian aja gue mampir nengokin lu. Kata Yussi ponsel lu kayaknya kolaps juga, nggak ada message yang bisa masuk.”
           
“Iya, gue matiin emang. Gue tinggal tidur tadi.”
           
“Lu sakit beneran?”
           
Aku tak bisa menghindar ketika telapak tangan Driya mampir ke keningku.
           
“Udah nggak panas,” gumamnya.
           
“Ya iyalah...,” jawabku setengah menggerutu. “Gue kan udah ngobat tadi.”
           
“Busseeet... ngobat... Istilah lu, Yik!” Driya tertawa meriah.
           
Lalu kami tenggelam dalam obrolan yang seru. Asyik juga haha-hihi bareng Driya setelah aku suntuk sekian lama, seharian nggak enak badan banget. Nostalgila yang seperti tak ada habisnya.

* * *
           
Sekitar pukul 17.30 perutku mendadak berbunyi. Keras. Driya ngakak kenceng. Aku jadi malu.
           
“Lu laper banget ya?” tanyanya di sela tawa. “Di bawah tadi gue lihat ada depot chinese food. Enak nggak?”
           
“Enak… Langganan gue itu.”
           
“Ya udah, lu tunggu di sini, gue beli makanan dulu yak?”
           
Driya pun melesat pergi. Aku jadi ingat ponselku. Begitu kubuka ada berondongan pesan yang masuk. Dari para personil geng sarap. Rata-rata menanyakan keadaanku. Kubalas saja secara broadcast : ‘gue baik-baik aja, masih idup, besok gue ngantor lagi, tx yaaa’. Dan kusentuh send.
           
Hampir sejam kemudian Driya muncul lagi dengan tentengan kantong plastik berisi kotak-kotak kertas chinese food. Busset! Mau ngasih makan aku apa orang sekampung? Ada cap cay, dua nasgor seafood, ayam kuluyuk dengan saus terpisah, bakmi goreng, pangsit kuah, dan udang goreng tepung.
           
“Iya sih, emang gue laper banget,” aku berlagak cemberut. “Tapi lu gila apa, Men? Segini banyak?”
           
Driya ketawa. “Kalau sisa, masukin aja ke kulkas. Besok pagi-pagi tinggal lu angetin di microwave, buat sarapan. Biar lu nggak usah repot-repot cari sarapan.”
           
So sweet… Aku jadi terharu mendadak. Tapi belum sempat makan, bel pintu berbunyi lagi.
           
“Itu pasti Gerdy gembul!” kataku sambil beranjak membuka pintu. “Pasti seneng dia banyak makanan gini.”
           
“Entar kalau kurang gue beliin lagi deh!” Driya tertawa.
           
Aku menjangkau handle pintu dan membukanya. Bukan Gerdy.
           
Tapi Bara…
           
Aku tertegun sejenak. Tapi melihat senyum Bara, aku jadi tersadar. Kubuka pintu lebih lebar.
           
“Eh, elu, Bar? Gue kira Gerdy yang datrng. Masuk yuk!”
           
Bara melangkah masuk dan disambut sapaan akrab Driya. “Bar, lu udah makan? Makan sekalian yuk!”
           
Aku ke pantry mengambil gelas dan piring lagi, dan com berisi nasi putih hangat. Ketika aku kembali, Driya malah membuka pintu depan.
           
“Lu mau ke mana?” tanyaku. “Makan dulu…”
           
“Gue mau pesen nasgor lagi. Kurang tuh, cuma dua.”
           
“Eh, udah, nggak usah!” cegahku. “Gue ada nih, nasi putih! Udah, balik lu ke sini!”
           
Driya tak jadi keluar.
           
“Gue ngeganggu kayaknya ya?” gumam Bara.
           
“Kagak…,” jawab Driya santai. “Cuma Sasi lagi nunggu Gerdy kayaknya.”
           
“Gerdy tadi absen Sas,” Bara menatapku. “Gue disuruh Cik Lenny back up-in elu besok.”
           
“Gerdy sakit juga?”
           
“Enggak… Arlia udah mules-mules dari kemarin sore menjelang malem. Due date-nya maju kayaknya. Kan perkiraan lahirnya baru minggu depan.”
           
“Oooh….,” aku mengangguk maklum. Kulihat Driya tercenung.
           
“Bayi gue mustinya udah umur 4 bulanan kalau masih ada…,” gumamnya sendu.
           
Aku tercekat. “Udah Men… Lu ikhlasin aja, dia bakal jadi pembuka pintu Surga buat lu…,” kutepuk-tepuk lembut punggung tangannya. Tak urung mataku merebak.
           
“Eh, udah! Ayo makan!” Driya terdengar berusaha menceriakan suaranya. “Nona rumah keburu pingsan entar….”
           
Hampir jam delapan kami baru selesai makan. Tanpa terasa waktu berlari karena kami makan sembari mengobrol yang ‘tidak-tidak’. Akibatnya, segambreng makanan tadi lenyap tak bersisa. Sebagian besar berpindah ke perut Driya dan Bara. Aku sih makannya sopan, nggak kalap kayak mereka.
           
“Kenyang gila!” Driya tertawa sambil bantu membereskan kekacauan di atas meja.
           
“Lu tiap hari makan porsi raksasa gitu?” godaku.
           
“Gue suka kalap kalau makan malam,” Driya nyengir malu. “Pantesan gue segede kingkong yak?”
           
Kami terbahak.
           
“Udah ah, gue pulang,” Driya berdiri. “Lu masih mau lanjutin kerjaan kan? Gue nitip Sasi ya, Bar?” ucapnya ringan.
           
Setelah itu Driya pergi. Setelah itu baru kusadari kalau sejak datang tadi Bara tak pernah mendominasi pembicaraan.
           
Back up gue besok elu ya?” aku mulai membuka laptopku.

Entah kenapa atmosfer di antara Bara dan aku mendadak jadi sedikit canggung.
           
“Tadi udah dikasih tahu detilnya sih, sama Cik Lenny, tapi berhubung kliennya Pak Robert, Cik Lenny minta gue untuk ngebahas langsung sama elu,” jawab Bara.
           
Aku menggangguk. Dan kami pun mulai asyik membahas detil draft-ku. Sebetulnya aku agak sedikit terganggu saat ini.
           
Bara tadi melepaskan kemejanya. Meninggalkan sepotong T-shirt putih bersih yang cukup ketat menempel di tubuhnya. Apalagi aroma wangi parfumnya masih tercium samar-samar. Cinnamon yang hangat.

Glek!

Aku sempat menelan ludah.

Kalau boleh membandingkan, badan Bara memang tidak sebagus badan Fajar. Fajar memang rajin nge-gym. Hampir tiap pulang kerja dia melakukannya. Sedangkan Bara hanya sesekali. Itu pun karena dipaksa-paksa Fajar untuk menemani. Bara lebih suka berlatih karate. Terlihat dari posturnya yang tegak, tegap, dan kekar secukupnya alias tidak membuat siapapun yang melihatnya jadi ‘terintimidasi’.

Beberapa bulan lalu, geng sarap plus Arlia dan keluarga kecil Nina pernah punya acara berenang bareng. Di situ aku berani memberi Fajar nilai 11 karena six packs yang tergambar nyata di perutnya. Sementara Bara tidak segila Fajar cetakannya. Membuatku merasa tidak terintimidasi sebagai cewek yang biasa-biasa saja. Dan Gerdy? Ah, perut calon bapak yang satu ini sudah mirip perut Mas Tony yang makin melar saja. One big pack. Nyaris menyamai ukuran perut Arlia yang saat itu tengah hamil lima bulan.

Jadilah otakku yang sebelah melayani pembahasan kerjaan, dan yang sebelah lagi sibuk berfantasi. Bahkan meliar ke mana-mana. Otakku baru mengumpul ketika bel pintu berbunyi. Ah, siapa lagi sih? Pintu kubuka.
           
“Malem, Mbak Sasi…”
           
“Eh, elu, Nang?”

Ternyata Unang, pelayan depot chinese food di bawah. Mengulurkan kantong plastik berisi dua kotak berbau aduhai.
           
“Tadi ada mas-mas pesen ini, Mbak, sapo tahu sama udang saos asem manis. Suruh anter ke Mbak Sasi. Masnya tinggi gede, pake baju kotak-kotak. Katanya buat sarapan Mbak besok,” kata Unang panjang lebar.
           
“Oooh… Eh, makasih ya, Nang?”
           
Ya ampun, Betmeeen… Serius banget dia beliin aku makanan… Kulirik jam dinding. Baru sejam dari dia pergi tadi. Kayaknya sih dia belum sampai rumah. Pondok Gede kan jauh. Teleponnya nanti aja ah!
           
“Sering dia ke sini?” tanya Bara sepintas.
           
“Ya sering… Kadang kalau gue males antri, ya gue pesen aja, tinggal pelayannya entar kirim ke sini,” jawabku ringan.
           
Bara mengangkat wajahnya, menatapku bingung. Aku jadi ikutan. Anything wrong?
           
“Maksud gue Driya, bukan delivery service-nya makanan,” ralatnya kalem.
           
“Oooh… Hehe…,” aku jadi meringis. “Betmen? Enggak juga...”
           
‘Baru sekali tadi…,’ lanjutku dalam hati.
           
Diskusi kembali berlanjut. Kali ini seluruh pikiranku kupaksa menjejak bumi. Tak kuijinkan meliar seperti tadi.
           
Sudah hampir jam 10 ketika pembahasan kami selesai. Bara menggeliat sambil menguap. Boro-boro terlihat berantakan, dia justru kelihatan sangat sexy dalam kondisi begini.

Aku sibuk membenahi laptopku. Susah rasanya mengendalikan sisi liar dalam diriku. Dan aku memilih untuk tidak menatap Bara lama-lama.
           
Untung dia cepat pamitan. Kalau tidak? Ehm… Aku tidak tahu bagaimana aku harus berhenti mencakari hatiku sendiri nanti…

* * *

Bersambung ke episode berikutnya : CUBICLE #7


5 komentar:

  1. aduh mbak One big pack......opo koyo aku yo....wk wkwk...

    BalasHapus
  2. Hihi.....ngakak tertahan baca komen Mbak Bekti. Sambil ngelirik perut sendiri tapi....
    Lanjutkan Mbak.....

    BalasHapus
  3. aduuuh Driya baik bingit yaaa.... kasihan udah jd duren, mudah2an bisa jadian deh ama Sasi. Semangat yaa Driyaaa...

    BalasHapus
  4. Bara membuat ikut bedebar-debar :)

    BalasHapus