Rabu, 04 Januari 2017

[Bukan Fiksi] Sekelumit Kisah Memalukan








Di balik fiksi yang saya tulis, banyak sekali hal-hal menarik untuk diceritakan (menurut saya, siiih... Entah menurut orang lain). Dari perjuangan menuliskan sebuah cerita, dari mana dapat ide, bagaimana mengumpulkan referensi, bagaimana mengembangkan karakter tokoh dari orang yang saya kenal, bagaimana musik yang saya dengar dan sukai bisa mempengaruhi jalannya fiksi yang saya tulis, bahkan sampai ke hal memalukan yang pernah saya alami. Nah, hal terakhir ini yang mau saya ulas. Asli sebenarnya saya maluuu banget. Tapi nggak apa-apa juga, sih... Toh, yang diceritain ini aib saya sendiri, hihihi...


Jadi ceritanya, duluuu saya tuh pernah bikin cerpen yang salah satu tokohnya itu saya buat berdasar fantasi saya tentang sosok seorang yang sempat saya sukai di masa lalu. Blionya ini dulu adalah salah seorang finalis coverboy tahun awal-awal 90-an. (Saya jamin ada pengunjung dan pembaca FiksiLizz yang belum lahir tahun segitu, hihihi...). Kenapa saya sueneng banget liat blionya? Karena mirip sama ... ... ... Huahahaaa... Nasib LDR! *yang merasa sebagai titik-titik nggak usah ferotes yak!*
                                             
Terus, fiksi berupa cerpen itu saya tayangkan di akun lama saya di Kompasiana. Pada saat yang bersamaan, saya iseng cari akun fb blionya. Ketemu. Dan saya kirim inbox bla-bla-bla panjang lebar menjelaskan tentang cerpen itu plus link-nya, plus catatan bahwa saya bersedia menarik cerpen itu dari peredaran kalau blionya nggak berkenan.

Tapi lamaaa banget inbox itu nggak dibalas. Ya saya nyadar kapasitas-lah... Bukan friend di fb, pastinya inbox saya nyemplung di spam. Lagian blionya pasti mengira tengah berhadapan dengan seseorang yang nggak waras. Whoaaa... saya udah tenang-tenang saja. Wong aslinya saya nyesel setelah kirim inbox. Lha kan blionya juga nggak tau/kenal saya. Ngapain saya repot-repot menjelaskan? Tapi ya entahlah, kayaknya saya lagi sengklek aja waktu itu.  Dan nggak bakal kebaca sampai kiamat, batin saya.

Eeeh... ternyatah, sodara-sodaraaa... Blionya berkenan membalas inbox itu menjelang akhir tahun kemarin. Dengan amat sangat ramah. Astagaaa... padahal saya sudah lupa dulu nulis apa, wong pesan itu sudah lama banget saya hapus. Cerpennya juga sudah saya kukuti dari Kompasiana waktu saya out, pindah ke blog. Jadilah kami ‘ngobrol bisu’ cukup banyak via fb. Sekali lagi saya nyatakan bahwa saya bersedia menurunkan cerpen itu dari penayangan, tapi blionya bilang nggak usah, nggak apa-apa. Legaaa... tapi asli, malunya masih terasa sampai sekarang. Apalagi diselingin dengan salah kirim inbox segala (blionya belum tahu penyakit saya yang emang sering nggak sengaja salah kirim pesan sejak jaman munculnya hape tunyuk sekrin alias ponsel layar sentuh, hihihi...).

Udah deh, sekali itu aja saya bikin fiksi yang nganeh-anehi. Beberapa teman memang sudah jadi korban keisengan saya, saya jadikan sumber ide untuk fiksi dengan seijin yang bersangkutan, tentunya. Tapi kayaknya saya mau ambil ide dari sumber lain aja deh! Daripada malu lagi.

Akhir kata, kepada Bapak DM, saya ucapkan banyak terima kasih atas keramahan Bapak menanggapi emak-emak sengklek yang nggak jelas kayak saya ini. Semoga atas kemurahan dan kebaikan hati Bapak, Bapak mendapat limpahan berkat lebih banyak lagi dari Tuhan.

Salam,
Lizz


Catatan :
1. Artikel ini ditayangkan atas seijin blionya yang bersangkutan.
2. Ilustrasi : www.pixabay.com

7 komentar: