Rabu, 06 April 2016

[Bukan Fiksi] Kepada Yth. Pemilik Akun PsSiska Di Wattpad





Saudari PsSiska / Siska Purnama Sari,

Saya yakin Anda salah satu pembaca blog FiksiLizz ini. Atau mungkin salah seorang pembaca di sini adalah teman yang kebetulan mengenal Anda.


Saya menemukan bahwa SATU JUDUL NOVELET (GARIS HITAM DARAH BIRU) DAN SATU JUDUL CERBUNG (RUANG KETIGA) YANG SUDAH SAYA TULIS DAN SAYA TAYANGKAN DI BLOG FIKSILIZZ INI TELAH ANDA COPAS MENTAH-MENTAH KE AKUN ANDA DI WATTPAD. Yang jadi pertanyaan saya : KAPAN SAYA MEMBERI IJIN PADA ANDA UNTUK MENG-COPAS-NYA KE AKUN ANDA?

Menulis sepanjang itu, dalam bentuk cerbung dan novelet, kemudian mengunggahnya di blog pribadi, semuanya PERLU OTAK, WAKTU, TENAGA, DAN BIAYA. Lhuuuaaa kok seenaknya saja Anda copas sana-sini tanpa ijin?

Jujur ya, saya nggak tahu Anda ini harus saya apakan karena walaupun saya punya akun di Wattpad tapi statusnya blong karena saya belum pernah nulis di sana. Kayaknya ada fitur untuk melaporkan. Apa perlu saya laporkan Anda???

Saya bukan orang ngetop. Karya saya juga cuma ecek-ecek. TAPI SAYA NGGAK PERNAH AKAN RELA SEMILIMETER PUN KARYA SAYA DICOPAS TANPA IJIN. Kalau Anda mencintai dunia tulis-menulis, hormati diri Anda dan dunia yang Anda cintai itu dengan cara elegan, BUKAN DENGAN MENG-COPAS TANPA IJIN KARYA PENULIS LAIN LALU ANDA TEMPEL PLEK DI AKUN ANDA. Hasilkan karya Anda sendiri. Baik atau buruk, MASIH JAUUUH LEBIH BAIK KARYA TERBURUK ANDA SENDIRI DARIPADA KARYA TERBAIK ORANG LAIN YANG ANDA COPAS (TANPA IJIN PULAK!!!).

Mungkin Anda akan membenci saya seumur hidup karena saya TERPAKSA menulis artikel ini. Tapi saya juga tidak tahu bagaimana caranya menegur Anda wong kenal saja enggak.

Saya tidak menjelekkan nama Anda, tapi Anda sendirilah yang mencoreng nama Anda dengan tidak menghormati orang lain. Saya tidak mempermalukan Anda, tapi Anda sendirilah yang mempermalukan diri Anda sendiri. Karena penulis asli kedua judul cerita tersebut di atas adalah saya, bukan Anda. Yang copas seenak udel itu Anda, bukan saya.

JELAS???

Catatan :
1. Novelet GARIS HITAM DARAH BIRU sudah terbit di blog ini sejak tanggal 20 Maret 2015 (sebelumnya sudah pernah tayang sebagai cerbung di Kompasiana, kemudian saya kukuti dan pindah ke blog ini), sedangkan PsSiska baru gabung di Wattpad 10 Agustus 2015.

2. PsSiska punya akun di FB, mau saya tegur baik-baik secara pribadi nggak bisa karena beliaunya tidak menampilkan fitur add friend.

3. Kalau ada yang kenal dengan oknum peng-copas yang satu ini, tolong disampaikan padanya artikel ini. Atau mungkin yang bersangkutan sendiri membacanya. Kalau bersedia mencabut dan memberi laporan pada saya bahwa karya copasan itu sudah dicabut dari Wattpad, saya pun dengan senang hati akan mencabut artikel ini.

TAMBAHAN : AKHIR KASUS INI BISA DIBACA di sini


21 komentar:

  1. nak aku seneng maca wae mbak, he he salam dari bumi barabai

    BalasHapus
  2. Bener nih mbak, memang musti ditegur. Itu namanya nyolong, wkwk, kebiasaan buruk sekali. >.< Jangan-jangan semua isi blog di wattpad juga copasan dari berbagai sumber... *meringis* oh tidaaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sama Mbak Miss G...
      Yang kayak gini termasuk kejahatan intelektual kalau menurutku. Pelanggaran UU hak cipta juga. Perlu dicek juga semua tulisannya jangan2 sepertiyang dibilang mMbak Miss G semua copasan.
      Perjuangkan HAKmu Mbak Lizz... Aku juga nggak rela soale dua cerbung itu luar biasa...

      Hapus
    2. Iya, sebab itu karangan, bukan artikel. Kalo artikel sih memang ok ambil sumber dari sana-sini. Nah, kalo karangan? Kan milik imajinasi pengarangnya... nggak boleh lah dicopas plek-plek, seenggaknya kalo mau copas ijin dulu dan cantumkan sumber cerita aslinya. Ga sopan tuh orang.

      Hapus
    3. Sampai saya nulis balesan komen ini, belum ada konfirmasi dari ybs. Tapi dari hasil inboxan dengan salah seorang teman yang ada di wattpad juga, katanya si Mbak ini pernah minta ijin di blog untuk copas karya saya tapi nggak saya bales. Lha ini tadi saya sampe puyeng nyari komennya dia di blog yang katanya minta ijin copas itu kok nggak ada ketemu.
      Terus kalo ijinnya itu bener ada dan nggak saya jawab (barangkali saya emang kelewatan bacanya), emang boleh ya langsung tancap copas gitu aja? Kan nggak bisa gitu juga.
      Perkembangan terakhir, akunnya di wattpad udah nggak bisa dibuka. Kayaknya ybs. masih punya itikad baik. Oke, kita tunggu aja.
      Makasih atensinya, Mbak Ge dan Mbak Dyah... 😘😘😘

      Hapus
  3. Barusan aku coba mau lihat kayaknya udah dihapusin Mbak... Nggak bisa lagi dibaca. Missing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak, udah ditutup. Dapat bantuan daro Imas buat hubungin dia. Dia udah ngaku copas dengan kronologi kayak di atas.
      Makasih infonya ya, Mbak... 😘😘😘

      Hapus
  4. Bagus ditegur Mba Lis, biar gak kebiasaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Fris... Makasih banyak ya... 😘😘😘

      Hapus
  5. waduh.... pengen eksis tapi kok merugikan orang lain,
    dia apa nggak tau, jaman super canggih sekarang ini....kecurangan dlm tulisan akan bisa terdeteksi...
    bunuh diri itu namanya...

    sabar ya mbak lis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Dia kayaknya masih punya itikad baik, Mbak. Aku tunggu aja perkembangannya deh... Makasih ya, Mbak 😘

      Hapus
  6. Dianya belum menghubungi mbak Lizz, dan minta maaf ya?

    hem..., semoga si dia segera meminta maaf ya mbak. Klo gak juga yah..., mo gimana lagi mo nguber, gak tahu dimana orangnya. Tapi perbuatan copas itu juga saya gak suka, untung gak sampai di terbitin ya mbak lis, klo terbit ya masuk meja hijau. Moga aja ybs..., masih mau mengakui kehilapannya. Segera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia sudah menghubungi, sudah minta maaf, tapi masih menjanjikan screenshot permohonan ijin yang (katanya) pernah dia layangkan ke komen di blogku ini. Sampai detik ini, aku belum menemukan komen minta ijin yang dia maksud itu. Makanya aku minta screenshot-nya dulu, baru nanti aku bikin artikel baru untuk update kasus ini.
      Intinya, dia sudah memahami kesalahannya. Seandainya dia tidak mengungkit soal permintaan ijin yang (katanya) belum aku balas, sebetulnya kasusnya kuanggap selesai karena dia sudah menutup akunnya di wattpad. Tapi berhubung masih ada ganjalan soal komen minta ijin yang (katanya) belum aku balas itu, makanya aku tunggu screenshot-nya dulu.
      Begitu, Mbak Airy... 😊

      Hapus
  7. Duh ikut prihatin sama kasusnya ya tan.. Semoga ada itikad baik dari yang bersangkutan..

    Artikel dan foto-foto saya juga pernah dicopas tanpa izin, nyesek, apalagi yang hasil imajinasi begini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ketok palu, Mbak, hehehe... Makasih ya... 😘😘😘

      Hapus
  8. Itu benar-benar nggak tau malu, mbak. Sabar yo, tapi usut sampai tuntas. #puk-puk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudh tutup buku, Mbak Muti. Makasih support-nya ya... 😘

      Hapus
  9. Semoga cepat beres mbak dan tidak kejadian lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak, sudah beres. Semoga nggak terulang lagi 😉

      Hapus